Thursday, 28 November 2013
Bab 1
1.1 Pengertian, tujuan, ISD dan IPS
Pengertian ISD
ISD (ilmu social dasar) adalah ilmu yang menelaah (mempelajari lebih dalam) masalah social yang muncul dan berkembang, khususnya masalah yang di ciptakan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (konsep, fakta, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti : ilmu politik, ekonomi, psikologi social, sejarah, antropologi social, geografi social.
Tujuan ISD
Ilmu social dasar dapat membantu mahasiswa memahami dan menyadari kenyataan dan masalah social yang ada di masyarakat, peka terhadap masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menanggulanginya, menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks. Karenanya ilmu sosial dasar mempunyai peran penting agar mahasiswa memiliki bekal yang cukup dalam hidup bermasyarakat.
3 kelompok pengetahuan
1. Ilmu pengetahuan alam (IPA)
Ilmu yang mempelajari tentang alam, beserta isinya baik benda hidup (biotic) maupun benda mati (abiotik).
2. Ilmu pengetahuan social (IPS)
Ilmu yang mempelajari tentang interaksi manusia satu dengan manusia lainnya.
3. Ilmu pengetahuan budaya
Ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan agar manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya.
Pengelompokan ini berdasarkan pada ilmu alamiah dasar, ilmu social dasar, ilmu budaya dasar. Ilmu alamiah dasar dimasukkan kedalam kelompok ilmu pengetahuan alam, ilmu social dasar dimasukkan ke dalam kelompok ilmu pengetahuan social, ilmu pengetahuan budaya dimasukkan kedalam kelompok ilmu budaya dasar.
1.2 ISD dan IPS
Perbedaan antara ISD dan IPS
1. ISD baru diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS sudah diberikan dari sekolah dasar dan sekolah lanjutan
2. ISD lebih cenderung untuk masyarakat, sedangkan IPS lebih berpaku dari sejumlah mata pelajaran politik, sosiologi, hokum
3. ISD lebih diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan IPS lebih diarahkan kepada pembentuk pengetahuan atau wawasan, dan keterampilan intelektual
4. ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
Persamaan antara ISD dan IPS
1. Keduanya merupakan bahan studi untuk program pendidikan dan pengajaran
2. Keduanya punya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan social
3. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
1.3 Ruang lingkup ISD
3 golongan bahan pelajaran ISD
- Kenyataan social yang ada dimasyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu
- Konsep-konsep social tentang kenyataan-kenyataan social yang dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah social yang ada yang dibahas dalam ips
- Masalah yang muncul dimasyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social yang antara satu dengan yang lainnya berbeda
sumber referensi :
http://furkanny.wordpress.com/industrial-eng/term-iii/ilmu-sosial-dasar/definisi-isd/
http://nurrahim.wordpress.com/2012/12/25/pengertian-dan-tujuan-ilmu-sosial-dasar/
http://zakiajamaldotcom.wordpress.com/2012/11/21/pengertian-isd-dan-ips/
http://wahyubudihartanto.blogspot.com/2011/09/3-kelompok-ilmu-pengetahuan.html
0 Comments:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Powered by Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
